Friskasmile's Blog











{April 25, 2013}   Software

software1

SOFTWARE

Perangkat lunak (software) adalah istilah umum untuk data yang di format dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.

Software disebut dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Secara umum, ada dua jenis software. Pertama adalah software aplikasi. Software aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik, contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp untuk memutar file audio, dan sebagainya. Kedua adalah software sistem. Software sistem adalah software yang menjadi tempat semua software aplikasi berjalan . Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya.
Software dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :
Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi berfungsi untuk mengatur kerja komputer secara mendasar, misalnya
menghidupkan dan mematikan komputer, dll. Contoh Sistem Operasi yaitu :
Ms. DOS
MS. Windows untuk Personal Computer
Linux
LinDows, untuk pengguna Linux dan Windows
Mac OS untuk pengguna komputer Apple Macintosh
OS/2, AIX, OS/390 untuk komputer IBM
SunOS untuk Sun Komputer
Free BSD
Solaris
VMS untuk DEC, dll.

Program Paket (Package Program)
Program paket menyediakan program siap pakai yang dibuat oleh pabrik. Contoh Paket Program antara lain: Microsoft Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, dan lain lain.

Bahasa Pemrograman ( Language )

Bahasa pemrograman dipakai untuk membuat program-program aplikasi yang dapat
berfungsi sebagai penghubung kerja antara computer dan peralatannya sesuai dengan
kebutuhan pembuatnya. Contoh bahasa pemrograman yaitu: Basic, Pascal, Visual Basic, Borland Delphi, Foxpro, dan lain-lain.

Program Bantu ( Utility )

Program Bantu dapat digunakan untuk membantu kerja Sistem Operasi dan pengguna
komputer yang menginginkan program pembantu. Contoh program Bantu yaitu : Antivirus, WinZip, Partition Magic, dan lain- lain.

VOIP
VOIP

Voice adalah layanan telepon Google, yang diluncurkan untuk banyak kemeriahan pada Maret 2009. Ini memberikan suara dan panggilan video PC-ke-PC, panggilan PC-ke-telepon gratis di AS dan panggilan murah di tempat lain (untuk pengguna di AS saja). Salah satu fitur Google Voice yang paling berguna (sekali lagi, hanya tersedia bagi warga AS) adalah bahwa hal itu memungkinkan pengguna untuk memiliki satu nomor yang dapat mereka gunakan di mana saja – setiap panggilan ditempatkan ke nomor yang akan berdering semua dikonfigurasi ponsel pengguna. Layanan ini juga menyediakan berbagai fitur tambahan yang berguna, seperti pesan suara, SMS, panggilan konferensi, skrining panggilan dan transkripsi pesan voicemail.
Vbuzzer . Sebuah layanan VoIP dan IM bahwa, tidak seperti Skype, didasarkan pada protokol terbuka seperti XMPP dan SIP . Menawarkan panggilan PC-ke-PC, serta dibayar-untuk panggilan PC-ke-telepon, dengan harga lebih murah daripada Skype. Ini juga fitur voicemail, call forwarding, caller ID, web conferencing dan layanan faks.
VoxOx . VoxOx sedang mencoba untuk menjadi aplikasi “all-in-one” pesan untuk kedua desktop dan perangkat mobile. Ini menggabungkan panggilan telepon, IM, SMS, video chat, panggilan konferensi dan bahkan faks. Ini juga menyediakan mirip “satu nomor di mana saja” fungsionalitas ke Google Voice, dan panggilan keluar dapat ditempatkan dengan harga yang bersaing. Sementara Charlie sangat tidak seperti Mac klien ketika ia terakhir kembali pada bulan Januari , menemukan beberapa kekurangan, itu layak lihat. IPhone app ini menarik karena daripada mengandalkan VoIP, menggunakan callback – layanan dapat menelepon Anda pada setiap saluran telepon nyaman di dekatnya.
Viber . iPhone pengguna yang mencari cara untuk membuat panggilan VoIP bebas harus melihat Viber, aplikasi VoIP yang memungkinkan panggilan iPhone-to-iPhone melalui 3G dan koneksi Wi-Fi . Aplikasi ini gratis, berjalan di latar belakang, tidak memiliki iklan apapun dan tidak akan dikenakan biaya apa pun untuk membuat panggilan. Android dan aplikasi BlackBerry yang tampaknya dalam karya-karya, yang akan memperluas jangkauan aplikasi secara signifikan.

Video VOIP
skype_logo_online

Ini adalah perbandingan Voice over IP (VoIP) perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan telepon seperti percakapan suara di Internet Protocol (IP) berbasis jaringan. Untuk pasar perumahan, layanan telepon VoIP biasanya lebih murah daripada tradisional jaringan telepon diaktifkan publik (PSTN) dan layanan dapat menghilangkan pembatasan geografis untuk nomor telepon, misalnya memiliki New York nomor telepon PSTN di Tokyo. Untuk bisnis, VoIP menyingkirkan pipa suara dan data terpisah, menyalurkan kedua jenis lalu lintas melalui jaringan IP sambil memberikan pengguna telepon berbagai kemampuan canggih.
Softphones adalah perangkat klien untuk membuat dan menerima panggilan suara dan video melalui jaringan IP dengan fungsi standar paling “asli” telepon dan biasanya memungkinkan integrasi dengan telepon IP dan telepon USB bukannya memanfaatkan mikrofon komputer dan speaker (atau headset). Kebanyakan klien softphone berjalan di tempat terbuka Session Initiation Protocol (SIP) mendukung berbagai codec. Skype berjalan pada jaringan milik tertutup, meskipun jaringan (tapi tidak perangkat lunak klien Skype resmi) juga mendukung klien SIP. online “Chat” program sekarang juga menggabungkan komunikasi suara dan video.
VIDEO STREAMING
Pengertian Streaming
Cara yang digunakan untuk menyiarkan radio internet adalah melalui teknologi streaming, yaitu teknologi yang dapat menerima serta mengirim informasi dari satu pihak ke pihak lain menggunakan alat yang dapat menerima aliran media streaming tersebut juga. Teknologi streaming ini menggunakan lossy audio codec, yaitu program komputer yang berfungsi untuk mengkompres audio maupun video berdasarkan data yang diformat melalui streaming suara ke radio internet. Format audio streaming termasuk MP3, Ogg Vorbis, Windows Media Audio, RealAudio dan HE-AAC (kadang-kadang disebut aacPlus).
Secara singkatnya

Live streaming adalah tayangan langsung yang di-broadcast kepada banyak orang (viewers) dalam waktu yang bersamaan dengan kejadian aslinya, melalui media data komunikasi (network) baik yang terhubung dengan cable atau wireless.
Pengertian Media Streaming
Treaming media merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen- komponen yang saling mendukung. Sebuah teknlogi yang memungkinkan distribusi data audio, video dan multimedia secara real-time melalui Internet. Media streaming merupakan pengiriman media digital (berupa video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus (stream). Data tersebut dikirim dari sebuah server aplikasi dan diterima serta ditampilkan secara real- time oleh aplikasi pada komputer klien Streaming suara sering juga disebut sebagai streaming media. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi MPEG (Moving Picture Experts Group) yang diakui oleh ISO (International Standard Organization). Teknik kompresi suara menggunakan istilah coding dan decoding. Proses coding dilakukan pada sisi server (coder) sedangkan proses decoding dilakukan oleh klien (decoder). Proses coding dilakukan server untuk mengkompresi data sebelum dikirimkan ke klien melalui Internet, dan decoding dilakukan oleh klien untuk ditampilkan data tanpa kompresi. Proses kompresi dan dekompresi oleh coder dan decoder ini sering disingkat menjadi codec. Proses codec bisa dilakukan menggunakan algoritma standar MPEG.
Server Video Streaming
OtisX Server Streaming adalah sebuah aplikasi server streaming berbasis open source yang dikembangkan dan dibangun oleh Komunitas Open Source Nasriyatul Ulum (KOSNU Tangerang) , pembangunan server streaming yang diberi nama Project OtisX Streaming Server adalah sebuah aplikasi server streaming alternatif yang dapat dipergunakan untuk pengembangan konsep pengajaran online secara langsung. Aplikasi Server Streaming yang diberi nama OtisX Server Streaming ini , adalah aplikasi server yang dapat mendistribusikan file-file multimedia melalui Jaringan Komputer secara terus menerus ( Streaming ) tanpa harus melakukan download / pengunduhan file terlebih dahulu ( Progresive download ). Format Codec yang dapat didistribusikan oleh OtisX server streaming ini adalah :
Codec Audio : AAC, AMR, MP3, RA, dan WMA.
Codec Video : WMV, MPEG-4, H263, H264, dan RV.
Format-format yang didistribusikan adalah :
Format Audio : aac, amr, mp3, ogg, ra ,wma, m4a
Format Video : wmv, 3gp, mp4 , rm , rmvb, flv, sdp.
protokol yang digunakan untuk pendistribusian ini adalah : RTSP , RTP, MMS, HTTP dan HTTPS. Pengembangan OtisX server streaming bukan hanya bertumpu pada konsep Single Server , dengan menggunakan konsep CDN ( Content Delivery Network ) OtisX Streaming Server saat ini dikembangkan kembali dalam sebuah project terbuka yaitu dengan nama Project ErtisX Server Streaming.
Project ErtisX Server Streaming adalah project yang dibangun dengan menggunakan Java Technologi dengan basis operasi sistem Linux. Tujuan utama project pengembangan OtisX server streaming melalui project ErtisX Streaming ini adalah menstabilkan penggunaan Bandwidth sehingga terdapat keseimbangan dalam pendistribusian suatu layanan streaming , bukan hanya melalui OtisX Server Streaming tetapi dapat digunakan untuk pendistribusian hasil streaming dari Helix Server Streaming , Darwin Server Streaming maupun Windows Media Server.
ENCODER
Encoder desimal ke BCD (Binary Coded Decimal) yaitu rangkaian encoder dengan input 9 line.

MPEG2 dan MPEG4
MPEG 2 adalah penentuan untuk sekelompok koding dan kompresi untuk audio dan video, yang disetujui oleh MPEG dan diterbitkan sebagai standar internasional ISO/IEC 13818. MPEG-2 biasanya digunakan untuk encode audio dan video untuk sinyal broadcast, termasuk satelit broadcast langsung dan televisi kabel. MPEG-2 dengan beberapa modifikasi juga format coding yang digunakan dalam film DVD komersial. Menggunakan MPEG2 perlu membayar biaya lisensi kepada pemegang paten melalui MPEG Licensing Association.
MPEG-4 adalah metode mendefinisikan kompresi dari (AV) data digital audio dan visual. Saat itu diperkenalkan pada akhir 1998 dan ditetapkan sebagai standar untuk sekelompok suara dan video encoding format dan teknologi yang berhubungan disepakati oleh ISO / IEC Moving Picture Experts Group (MPEG) ( ISO / IEC JTC1 / SC29/WG11) di bawah standar resmi ISO / IEC 14496 – Coding benda audio visual. Penggunaan MPEG-4 meliputi kompresi data AV untuk web ( streaming media ) dan CD distribusi, suara ( telepon , videophone ) dan siaran televisi aplikasi.
MPEG-4 menyerap banyak fitur dari MPEG-1 dan MPEG-2 standar terkait dan lainnya, menambahkan fitur baru seperti (diperpanjang) VRML dukungan untuk rendering 3D, objek file komposit berorientasi (termasuk audio, video dan objek VRML), dukungan untuk eksternal ditentukan Digital Rights Management dan berbagai jenis interaktivitas. AAC (Advanced Audio Coding) adalah standar sebagai tambahan untuk MPEG-2 (sebagai Bagian 7) sebelum MPEG-4 dikeluarkan.
MPEG-4 masih standar berkembang dan terbagi menjadi beberapa bagian. Perusahaan mempromosikan MPEG-4 kompatibilitas tidak selalu jelas menyatakan yang “bagian” tingkat kompatibilitas yang mereka maksudkan. Bagian-bagian kunci yang harus diperhatikan adalah MPEG-4 bagian 2 (termasuk Advanced Simple Profile, yang digunakan oleh codec seperti DivX , Xvid , Nero Digital dan 3ivx dan dengan QuickTime 6) dan MPEG-4 bagian 10 (MPEG-4 AVC / H 0,264 atau Advanced Video Coding, digunakan oleh x264 encoder, oleh Nero Digital AVC , oleh QuickTime 7, dan dengan video high-definition media yang seperti Blu-ray Disc ).
Sebagian besar fitur yang termasuk dalam MPEG-4 yang tersisa untuk individu pengembang untuk memutuskan apakah akan menerapkannya. Ini berarti bahwa tidak mungkin ada implementasi lengkap dari seluruh MPEG-4 set standar. Untuk mengatasi hal ini, standar mencakup konsep “profil” dan “tingkat”, yang memungkinkan serangkaian tertentu kemampuan untuk didefinisikan dengan cara yang sesuai untuk subset aplikasi.
Awalnya, MPEG-4 ditujukan terutama pada rendah bit-rate video yang komunikasi , namun, ruang lingkup sebagai standar pengkodean multimedia kemudian diperluas. MPEG-4 efisien di berbagai bit-tarif mulai dari beberapa kilobit per detik hingga puluhan megabit per detik. MPEG-4 menyediakan fungsi berikut:
Peningkatan efisiensi coding selama MPEG-2
Kemampuan untuk menyandikan data yang media campuran (Video , Audio , pidato)
Kesalahan ketahanan yang kuat untuk memungkinkan transmisi
Kemampuan untuk berinteraksi dengan audio visual adegan yang dihasilkan pada penerima
MPEG-4 menyediakan serangkaian teknologi untuk pengembang, untuk berbagai penyedia jasa dan pengguna akhir:
MPEG-4 memungkinkan pengembang software dan hardware yang berbeda untuk membuat objek multimedia memiliki kemampuan yang lebih baik dari kemampuan adaptasi dan fleksibilitas untuk meningkatkan mutu pelayanan dan teknologi televisi digital, animasi grafis, World Wide Web dan ekstensi mereka.
Penyedia jaringan data dapat menggunakan MPEG-4 untuk transparansi data. Dengan bantuan prosedur standar, MPEG-4 data dapat diinterpretasikan dan diubah menjadi sinyal jenis lain yang kompatibel dengan jaringan yang tersedia.
MPEG-4 format memberikan pengguna akhir dengan berbagai interaksi dengan berbagai objek animasi.
Standar Digital Rights Management sinyal, atau dikenal di masyarakat sebagai MPEG Manajemen Kekayaan Intelektual dan Perlindungan (IPMP).
The format MPEG-4 dapat melakukan berbagai fungsi, di antaranya mungkin berikut:
Multiplexes dan sinkronisasi data, terkait dengan objek media, sedemikian rupa sehingga mereka dapat efisien diangkut lebih lanjut melalui saluran jaringan.
Interaksi dengan adegan audio visual, yang dibentuk pada sisi penerima.
Profil dan Tingkat
MPEG-4 menyediakan satu set besar dan kaya alat untuk encoding. Subset dari set alat MPEG-4 telah disediakan untuk digunakan dalam aplikasi tertentu. Subset ini, yang disebut ‘Profil’, membatasi ukuran alat mengatur decoder diperlukan untuk melaksanakan. Dalam rangka untuk membatasi kompleksitas komputasi, satu atau lebih ‘Tingkat’ ditetapkan untuk setiap Profile. Sebuah Profil dan Kombinasi tingkat memungkinkan: Seorang pembuat codec untuk menerapkan hanya subset dari standar yang dibutuhkan, sambil mempertahankan interworking dengan lainnya MPEG-4 perangkat yang menerapkan kombinasi yang sama.
Memeriksa apakah MPEG-4 perangkat sesuai dengan standar, disebut sebagai pengujian kesesuaian .

MPEG-4 berisi teknologi dipatenkan yang digunakan memerlukan lisensi di negara- negara yang mengakui paten algoritma perangkat lunak . Paten mencakup MPEG-4 yang diklaim oleh lebih dari dua lusin perusahaan. The MPEG Otoritas Perizinan lisensi paten diperlukan untuk MPEG-4 Bagian 2 Visual dari berbagai perusahaan (audio dilisensikan secara terpisah) dan daftar semua pemberi lisensi dan pemegang lisensi di situs. Lisensi baru untuk MPEG-4 Sistem paten yang sedang dikembangkan dan tidak ada izin baru yang ditawarkan, sementara pemegang MPEG-4 Sistem lisensi lama masih tertutup di bawah persyaratan lisensi yang untuk paten yang terdaftar ( MPEG LA – Daftar Paten ).
AT & T sedang mencoba untuk menuntut perusahaan-perusahaan seperti Apple Inc atas dugaan MPEG-4 pelanggaran paten. Istilah Apple QuickTime 7 lisensi untuk pengguna menjelaskan dalam ayat 14 syarat-syarat MPEG-4 Sistem lisensi Portfolio Paten yang ada Apple dari MPEGLA.
Daftar Pustaka
http://www.ruhutcyber.blogspot.com di upload tanggal 25 okt 2012
http://www.scribd.com/doc/34680696/Bab-2-Evolusi-Dan-Kinerja-Komputer-Organisasi-Komputer .
http://www.under-blog.blogspot.com/
http://multimedia.alkhoirot.com/2012/02/macam-macam-hardware.html
httphttp://deadlinechacha.wordpress.com/2011/02/22/perangkat-lunak-multimedia
http://eyig-wardana.blogspot.com/2011/05/sistem-multimedia.html VoIP / Telepon Layanan
http://www.radio.nurmanto.com di upload tanggal 02 Desember 2010
http://www.radio.nurmanto.com di upload tanggal 04 Desember 2010
http:en.wikipedia.org/…/Comparison_of_VoIP_software…
http://gigaom.com di upload tanggal 10 Mei 2011
http:// Voip-Info.org di upload
http://”MPEG-4 Sistem Dasar Manajemen Streaming (ESM)” . 2001-07. Diakses 2010-04-11.
http://”MPEG Systems (1-2-4-7) FAQ, Versi 17.0″ . 2001-07. Diakses 2010-04-11.
http:// MPEG. “standar MPEG – Daftar Lengkap standar yang dikembangkan atau dalam pengembangan” . Chiariglione. Diakses 2010-02-09.
http://”ISO / IEC 14496-27:2009 / FPDAmd 2 – Penanganan MPEG-4 lapisan tambahan audio” . Diakses 2009-12-29.
WG11 (MPEG) (2002-03). “Sekilas dari MPEG-4 Standard” . Diakses 2010-04-11.
“MPEG-4 IPMPX kertas putih” . MPEG. Juli 2005. Diakses 2010-08-01.
“MPEG Manajemen Kekayaan Intelektual dan Perlindungan” . MPEG. April 2009. Diakses 2010-08-01
^MPEG Licensing Authority – MPEG-4 Visual: Pendahuluan
://owiesantun.blogspot.com/2010/12/perangkat-lunak-favorit.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Penyandi



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: