Friskasmile's Blog











{Maret 17, 2013}   Tugas Multimedia Dalam Pendidikan

4. Multimedia Dalam Pendidikan

  1. http://www.ariasdimultimedia.wordpress.com

Multimedia dalam pembelajaran dapat digolongkan kedalam tiga karakteristik. Pertama, multimedia digunakan sebagai salah satu unsure pembelajaran dikelas. Misal jika guru menjelaskan suatu materi melalui pengajaran di kelas atau berdasarkan suatu buku acuan, maka multimedia digunakan sebagai media pelengkap untuk menjelaskan materi yang diajarkan didepan kelas. Kedua, multimedia digunakan sebagai materi pembelajaran diri. Ketiga, multimedia digunakan sebagai media satu-satunya di dalam pembelajaran. Dengan demikian seluruh fasilitas pembelajaran yang mendukung tujuan pembelajaran juga telah disediakan di dalam paket ini. Paket semacam ini sering disebut CBL(Computer Based Learning).

2. http://www.m-edukasi.web.id

3. Sumber  : Arief S Saidman, dkk. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

4. Sumber : Latuheru, John D.1988.Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini.Jakarta:Depdikbud&P2 LPTK

5. Sumber: Setyosari, Punaji, Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang : Elang Press

Multimedia dalam pendidikan

Manusia terlahir sebagai makhluk yang mempunyai hasrat untuk ingin tahu. Manusia dengan akalnya telah dapat menunjukkan kelebihan anugerah Tuhan itu dengan kemampuannya menciptakan berbagai macam sarana yang dapat digunakan untuk menguasai, memanfaatkan, dan mengembangkan lingkungan untuk kemajuan dan kesejahteraan hidupnya. Salah satu usaha untuk memajukan kesejahteraan dan meningkatkan status sosial dalam hidupnya yaitu pendidikan.

Pendidikan adalah salah satu usaha untuk meningkatkan peradaban, mengembangkan kepribadian terutama perubahan sikap, tingkah laku dan prestasi. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan juga dapat dikembangkan dan diaplikasikan didunia pendidikan. Pengunaan teknologi multimedia sangatlah penting dalam pendidikan. Multimedia dalam pendidikan sering juga disebut sebagai multimedia pembelajaran, multimedia interaktif, media pembelajaran, multimedia  pembelajaran interaktif dan yang paling popular adalah media pembelajaran interaktif. Dengan penggunaan multimedia ini diharapkan peserta didik dapat dengan mudah memahami konsep dalam pembelajaran yang bersifat abstrak. Tapi perlu di ingat bahwa multimedia merupakan salah satu alat bantu dalam proses pembelajaran di mana peran guru tidak bisa di gantikan oleh multimedia. Peran guru tetap di butuhkan, namun fungsinya sebagai fasilitator dan motivator untuk siswa.

6. http://www.id.wikipedia.org/wiki/Multimedia

Multimedia dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Di dunia pendidikan multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak.

7. http://www.motamatika.blogspot.com

Multimedia Dalam Bidang Pendidikan

Ariyus (2009) mengatakan pendidikan adalah suatu bidang yang paling sering menggunakan teknologi multimedia, diantaranya adalah komputer multimedia bisa menggabungkan animasi, video, dan audio serta teks dan grafik secara bersamaan, serta berkemampuan untuk berinteraksi sehingga proses pembelajaran dan pengajaran lebih menarik dan pengajaran lebih menarik dan cepat di cerna oleh siswa, sistem multimedia memungkinkan pihak pengajar untuk mempresentasikan dan memberikan materi kepada siswa dengan menarik sehingga memudahkan pembelajaran, pendidikan juga bisa dilakukan di rumah dan berbagai institusi perguruan tinggi bisa melaksanakan program pendidikan jarak jauh.

8. http://www.inovasi-multimedia-yunie.com

Multimedia dalam pendidikan mempunyai kelebihan dan kekurangan  sebagai berikut:

1.Kelebihan multimedia dalam pendidikan

Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif, Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak, Media penyimpanan yang relatif gampang dan fleksibel, Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas.

2.Kekurangan Multimedia dalam pendidikan

Biaya relatif mahal untuk tahap awal, Belum memadainya perhatian dari pemerintah, Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.

9. http://www.pasca.tp.ac.id

Menurut Newer Technologies for the Learning Society (C.Villanueva, 2000). Secara umum, pengintegrasian secara penuh TIK kedalam pendidikan masih sangat terbatas. Multimedia interaktif atau hypermedia belumlah dimanfaatkan secara meluas. Aktivitas Online melibatkan internet dan intranet lebih banyak digunakan untuk keperluan komunikasi daripada sarana pendidikan interaktif. Model pembelajaran campuran yang baru mulai muncul lagi.

10. http://www.cepiriyana.blogspot.com

Multimedia Dalam Pendidikan

Teknologi pendidikan memiliki makna yang lebih luas, karena teknologi pendidikan merupakan perpaduan dari unsure manusia, mesin, ide, prosedur, dan pengelolanya (Hoba, 1977) kemudian pengertian tersebut akan lebih jelas dengan pengertian bahwa pada hakikatnya teknologi adalah penerapan dari ilmu atau pengetahuan lain yang terorganisasi ke dalam tugas-tugas praktis (Galbraith, 1977). Teknologi pendidikan juga dapat dipandang sebagai suatu produk dan proses (Sadiman, 1993). Sebagai suatu produk teknologi pendidikan mudah dipahami karena sifatnya lebih konkrit seperti radio, televise, proyektor, OHP, dan sebagainya.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: