Friskasmile's Blog











{Maret 17, 2013}   Tugas Pemanfaatan Multimedia

3.Pemanfaatan Multimedia

1. http://www.daudxin.blogspot.com

Multimedia sangat dimanfaatkan di dunia bisnis dan kerja. Di dunia bisnis, multimedia dipakai sebagai profil perusahaan, profil produk bahkan sebagai media promosi sebuah produk. Sedangkan didunia pendidikan, multimedia dipakai sebagai pengajaran di sekolah-sekolah bahkan di universitas.

2. http://www.lokerkomputer.blogspot.com

1. Pendidikan

Pada dunia pendidikan multimedia sangat membantu dalam mempermudah pembelajaran siswa ataupun guru dalam menyampaikan dan menerima dari apa yang disampaikan. Contohnya: Tutorial, Ensiklopedia(Misal Microsoft Encarta).

2. Informasi

Penyebaran informasi yang baik dan cepat sangat menunjang suatu informasi itu sendiri sehingga informasi menjadi menarik dan cepat ditangkap, Contohnya pada Pariwisata, Meseum dan Galeri seni.

3. Hiburan

Hiburan sangatlah penting dalam kehidupan manusia,setelah lelah seharian beraktifitas manusia membutuhkan hiburan yang menghibur untuk istirahat mereka. Contohnya Games, Seni dan Pertunjukan.

4. Kedokteran

Peranan multimedia sangat penting dan membantu para dokter untuk menentukan penyakit dan mendiagnosanya. Contohnya X-Ray Scanner.

5. Periklanan

Dengan menggunakan multimedia, iklan akan terlihat sangat menarik untuk diperhatikan dan akan menarik banyak konsumen yang melihatnya, dengan menggunakan suara, gambar, video, animasi dan teks yang canggih. Contohnya Iklan televise, bandara dan lain-lain.

3. http://www.dannyonggo.blogspot.com

Multimedia banyak di manfaatkan diberbagai macam bidang seperti : Bidang Transportasi, Bidang Jasa Pengiriman Barang, Bidang Pendidikan(media pengajaran), Bidang  Industri Otomotif, Bidang Jasa Konstruksi, Bidang Jasa Percetakan, Bidang Industri Perfilman.

4. http://www.023-muhammadsyehfani.blogspot.com

Multimedia banyak sekali manfaatnya, contoh dalam hal-hal sebagai berikut:

  1. Untuk pembelajaran
  2. Rekam Medis
  3. Simulasi
  4. Video Website
  5. Broadcast Website
  6. Bisnis (e-commerce)
  7. Desain Arsitektur
  8. Promosi dan Iklan
  9. Kartun dan Film
  10. Video Klip

5.  http://www.tp.ac.id

Pemanfaatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Manfaat, seperti pengurangan biaya-biaya pengembangan latihan, berbagi biaya-biaya penelitian dan pengembangan yang bersama, atau berbagi database dan isi perpustakaan. TIK meningkatkan fungsi perpustakaan dan mengubah peran pustakawan secara hakiki. Sekolah tidak perlu melanjutkan penderitaan atas kelangkaan pendukung perpustakaan dengan memanfaatkan sumber belajar yang kaya yang tersedia di Internet. Upaya pemberdayaan  Internet  untuk pendidikan saat ini dunia telah berada dalam era komunikasi . Multimedia interaktif atau hypermedia belum dimanfaatkan secara meluas. Aktivitas Online melibatkan internet dan intranet lebih banyak digunakan untuk keperluan komunikasi daripada sarana pendidikan interaktif. Mulltimedia dan sarana telekomunikasi menunjang berbagai proses pembelajaran, kadang kala dalam bentuk kombinasi dan kadangkala dalam bentuk yang lebih terintegrasi.

6. http://www.pcahyono.blospot.com

Pemanfaatan media elektronik atau computer menggunakan pesan tunggal (multimedia) sebagai alat bantu media pada proses pembelajaran (multimedia pembelajaran). Komputer sebagai alat bantu dalam belajar, (Taylor, dalam Said, 2002). Komputer berfungsi sama  dengan Tutor, Komputer berfungsi sama dengan Alat (Tool), komputer berfungsi sama dengan Tutee atau Siswa.

7. http://www.murtiningsihretno.blogspot.com

Pemanfaatan Multimedia Untuk Pembelajaran

Multimedia telah mengalami perkembangan konsep sejalan dengan berkembangnya teknologi pembelajaran. Ketika  teknologi komputer belum dikenal, Konsep multimedia sudah dikenal yakni dengan mengintegrasikan berbagai unsur media, seperti cetak, kaset audio, video dan slide suara. Unsur-unsur tersebut dikemas dan dikombinasikan untuk menyampaikan suatu topik materi pembelajaran tertentu. Pada konsep ini, setiap unsure media dianggap mempunyai kekuatan dan kelemahan. Kekuatan salah satu unsure media dimanfaatkan untuk mengatasi kelemahan media lainnya. Misalnya, penjelasan yang tidak disampaikan dengan teks tertulis seperti mengucapkan sesuatu, maka di bantu oleh media audio. Demikian juga materi yang perlu visualisasi dan gerak, maka dibantu dengan video.

8. http://www.sitisuharyatitigaraksa.bolgspot.com

Pemanfaatan Multimedia dalam Pembelajaran Modern

Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, serta ditingkatkan.

9. http://www.wulandary.blogdetik.com

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi pelatihan dalam media.

10. http://www.himcyoo.wordpress.com

Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran

Sedemikian populernya penggunaan multimedia pada saat ini, namun untuk memproduksi serta menggunakannya diperlukan pertimbangan tertentu karena membutuhkan waktu, usaha keras, dan biaya. Oleh karena itu, KO dan Rossen (2001) memberikan beberapa pertimbangan kapan multimedia di gunakan dan kapan pula ditolak.

  1. Kapan Multimedia Digunakan

–          Mengilustrasikn bagaimana mekanisme sesuatu itu bekerjamsering yang ditampilkan adalah subjek abstrak yang memerlukan penjelasan proses bagaimana sesuatu itu bekerja.

–          Mengklarifikasikan atau menekankan konsep-konsep abstrak yang kompleks sukar diingat oleh pelajar.

–          Untuk mengilustrasikan materi yang tidak familiar.

  1.  Kapan Menolak Multimedia

–          Dukungan institusi

–          Relevansi materi

–          Ketersediaan materi apapun

–          Aksesibilitas materi



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: