Friskasmile's Blog











{Maret 17, 2013}   Tugas Konsep Dasar Multimedia

2.Konsep Dasar Multimedia

  1. http://www.chievan.blogspot.com
  2. http://www.fahmi180209.blogspot.com

Konsep Dasar Multimedia

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai atau pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur  dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai atau pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Dalam membuat aplikasi multimedia  tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi harus juga memiliki kemampuan untuk menggunakan computer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi  multimedia disebut Multimedia Developer.

Semua pesan-pesan, perangkat lunak dan makna yang dipresentasikan oleh komputer atau layar televise disebut Multimedia Project. Pemakai atau pengguna dapat duduk dan menyasikan sebagaimana mereka menyasikan televisi biasa. Dalam hal ini project menjadi linear, mulai dari awal dan berjalan hingga akhir. Ketika pemakai atau pengguna diberikan kendali atau navigasi untuk menjelajah isi project, project menjadi pintu gerbang informasi pribadi yang amat menarik.

Scripting dan storyboarding menjelaskan parameter dari project, art work dan programnya. Suara atau video yang telah diedit akan dimasukkan kedalam Authoring System untuk dimainkan kembali.  Jumlah bagian yang dimainkan ulang dan dipresentasikan disebut Human Interface. Sedangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang menentukan apa yang akan terjadi dalam suatu project disebut Multimedia Platform atau Environment.

3. http://www.pandakris.blogspot.com

4. http://www.chievan.blogspot.com

Multimedia adalah suatu sarana komunikasi yang berupa gabungan dari teks, gambar, animasi, video dan audio. Contoh dari bentuk-bentuk multimedia ini sebagai berikut yaitu video komersial, advertisement, animasi flash, trailer video, dan banyak hal-hal lainnya. Multimedia dimana pengguna atau pemakai dapat berinteraksi dengan komponen-komponen dalam multimedia tersebut dinamakan interface multimedia. Contoh website,dst.

  1. Interactive Multimedia adalah Penguna dapat berinteraksi dengan multimedia tersebut.
  2. Hypermedia adalah Interactive multimedia yang memiliki struktur dari elemn terhubung.
  3. Multimedia Developer adalah Perancang suatu aplikasi multimedia.
  4. Multimedia Project adalah Pesan-pesan yang dipresentasikan oleh computer atau televisi.
  5. Multimedia Title adalah Multimedia yang dipasarkan ke masyarakat.

5. http://www.kpratama20109008.blogspot.com

6. http://www.chievan.blospot.com

7. http://www.milaniawahe.bogspot.com

“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video” (Rosch, 1996)

“Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan   teks” (McCormick 1996)

“Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio(suara, music), animasi, video, teks, grafik dan gambar video”(Robin dan Linda, 2001)

“Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online (internet) dan multimedia ada ang offline(tradisional).

Untuk menentukan bagaimana pemakai atau pengguna akan berinteraksi dan mengendalikan suatu project, dibutuhkan suatu perhatian khusus pada informasi atau pesan yang hendak akan disampaikan. Scripting dan Storyboarding menjelaskan parameter dari project, artwork dan programnya.

8. http://www.daudxin.blogspot.com

Multimedia dapat diartikan menjadi 2 yaitu multi dan media. Multi yaitu banyak dan mediayaitu perantara. Jadi pada intinya adalah multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Beberapa definisi menurut beberapa ahli :

  1. Kombinasi dari komputer dan video” (Rosch, 1996)
  2. Kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks” (McCormick 1996)
  3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio(suara, music), animasi, video, teks, grafik dan gambar”(Turban dan kawan-kawan, 2002)
  4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video(Robin dan Linda, 2001)
  5. Multimedia dalam konteks computer menurut Hofstetter 2001 adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

9. http://www.mzarkasi.blogspot.com

Multimedia apabila di pecah, di peroleh 2 kata, yaitu multi dan media. Multi bisa berarti banyak atau beraneka ragam, sedangkan media adalah sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan atau membawakan informasi kepada orang lain. Sehingga dapat diperoleh makna multimedia yaitu, penggunaan dan pemanfaatan berbagai macam media untuk menyampaikan suatu informasi kepada orang lain. Komponen Multimedia Sebagai Berikut :

Media text merupakan media yang paling mudah disimpan, diedit, dan sedikit penggunaan memori untuk menyimpannya. Media text ada beberapa jenis yaitu Plain Text, Rich Format Text, Hyper Text,  XML, Gambar(dua jenis media gambar yang berbasis vector dan berbasis bitmap, suara dan video.

10. http://www.kantiajarmul.blogspot.com

Konsep terdiri dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media adalah alat untuk menyampaikan, misal : media cetak, media elektronik,dan lain-lain. Oleh karena itu, multimedia dapat diartikan sebagai sekumpulan gambar, teks, animasi atau suara yang mengandung informasi. Komponen utama multimedia yaitu Teks, Grafis, Animasi, Audio, Video dan Komputer Interaktif.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: