Friskasmile's Blog











{Januari 8, 2011}   KEPENDUDUKAN

Masalah Yang Ditimbulkan Oleh Penduduk

PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN KELAPARAN

Semenjak periode 25 tahun terakhir ini dunia mulai menghadapi tiga masalah pangan yang saling berkaitan dan mengkhawatirkan. Masalah-masalah tersebut adalah turunnya konsumsi gandum per kapita, ketidakmampuan membangun kembali persediaan gandum dan meningkatnya ketergantungan dunia akan ekspor gandum dari Amerika Utara. Sementara itu penduduk dunia bertambah terus dengan hampir 70 juta per tahun.

Beberapa factor telah berpengaruh pada penurunan konsumsi gandum per kapita di dunia. Produksi terpaksa dikurangi karena biaya dan persediaan energi yang ketat, biaya produksi dan persediaan pupuk yang ketat, dan di mana persediaan kayu bakar sedikit, kotoran binatang yang mestinya digunakan sebagai pupuk, terpaksa dipakai sebagai bahan bakar. Persediaan gandum yang merupakan standar jaminan pangan dunia makin lama makin berkurang.

Laporan tentan kenaikan angka kematian karena kurang gizi di negara-negara miskin menunjukkan bagaimana masalah pangan dan penduduk memerlukan perhatian lebih mendalam. Gejala penyakit yang disebabkan oleh kelesuan jasmani meluas dan menghilangkan kegairahan kerja, kemunduran dan penderitaan jutaan manusia. Kekurangan gizi dalam kandungan dan masa kanak-kanak menyebabkan kerusakan otak dan cacat mental pada kanak-kanak. Kekurangan gizi pada saat sekarang akan berakibat pada generasi yang akan datang, yang memasukkan unsure-unsur yang merisaukan pada perencanaan pembangunan.

KEMISKINAN DAN KETERBELAKANGAN

Salah satu wabah penyakit yang serius yang melanda negara-negara sedang berkembang dewasa ini ialah kemiskinan beserta saudara kembarnya, ialah keterbelakangan. Kemiskinan dan keterbelakangan adalah suat penyakit, karena dalam kenyataannya kedua hal itu melemahkan fisik dan mental manusia yang tentunya juga berdampak negative terhadap lingkungan.

*Kemiskinan dan Dampaknya

Secara konseptual kemiskinan dapat dipandang dari berbagai segi. Sedang dari segi eksternal mencerminkan konsekuensi social dari kemiskinan terhadap masyarakat di sekelilingnya. Sedangkan kemiskinan ada tiga macam, ialah kemiskinan relative, yaitu menurut perbandingan kelas pendapatan; kemiskinan subjektif, menurut perasaan per orang dan kemiskinan absolut. Bagi kita yang paling relevan adalah yang terakhir ini, karena dia negara kita kemiskinan absolut merupakan masalah yang aktual, paling rawan, dan karenanya paling mendesak.

Kemiskinan absolut ialah apabila tingkat hidup seseorang tidak memungkinkannya untuk bisa memenuhi keperluan-keperluannya yang mendasar, sehingga kesehatannya baik fisik maupun mental terganggu karenanya. Dampak kemiskinan terhadap orang-orang miskin sendiri dan terhadap lingkunganya, baik lingkungan sosial maupu lingkungan alam, dengan sendirinya sudah jelas negatif. Orang miskin tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi minimal bagi dirinya sendiri maupun bagi keluarganya. Dampak kemiskinan terhadap lingkungan sosial tampak mengalirnya penduduk ke kota-kota tanpa bekal pengetahuan apalagi bekal materi. Akibatnya antara lain banyaknya tukang becak, pemungut puntung, gelandangan, pengemis, dan sebagainya memenuhi kampung-kampung liar dan jorok di gubuk-gubuk reot yang tidak pantas didiami manusia.

*Sebab-sebab Kemiskinan

Sebab-sebab kemiskinan yang pokok bersumber dari empat hal, yaitu mentalitas si miskin itu sendiri, minimnya keterampilan yang dimilikinya, ketidakmampuannnya untuk memanfaatkan kesempatan-kesempatan yang disediakan, dan peningkatan jumlah penduduk yang relative berlebihan.

*Pokok-pokok Penanggulangan Kemiskinan

Cara-cara penanggulangan penyakit ini pada hakikatnya haruslah sedemikian rupa sehingga sebab-sebab itu bisa dimusnahkan, setidak-tidaknya dikurangi. Operasi-operasi penanggulan itu karenanya harus mencakup membangkitkan motivasi untuk melepaskan diri dari kemiskinan., secara lebih mengefektifkan program-program yang telah ada dengan lebih mengingat pula kemampuan si miskin untuk memanfaatkannya, meningkatkan prasarana di pedesaan termasuk pemukiman-pemukiman transmigrasi yang baru, dan menyempurnakan aparat pemerintah yang langsung menghadapi dan menangani kaum miskin.

Daftar Pustaka

Santoso, B, 1999.”Ilmu Lingkungan Industri”, Gunadarma university, Jakarta

Daftar Pustaka

Santoso, B, 1999.”Ilmu Lingkungan Industri”, Gunadarma university, Jakarta



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: